05 Juli 2009

Perkemahan Wirakarya IX PTAI se-Indonesia 2009


PW IX telah digelar pada 8-17 Juni 2009 bertempat di Bumi Perkemahan Raudhah Al-Thalabah, Kampus II IAIN STS Jambi yang terletak di Desa Simpang Sungai Duren Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Disebutkan dalam Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) tersebut bahwa kegiatan PW yang digelar bertujuan untuk memperkokoh persaudaraan, kebersamaan, kepedulian dan keikhlasan berbakti bagi Pramuka Penegak dan Pandega kepada masyarakat, bangsa, negara dan agama ini akan dikemas dengan ragam kegiatan yang kreatif, rekreatif, inovatif dan produktif.

Kegiatan yang mengusung tema “Mempekokoh persaudaraan, kebersamaan dan ukhuwah untuk Bangsa dalam lingkaran Bhinneka Tunggal Ika” direncanakan akan diikuti oleh sekira 2100 orang pramuka penegak dan pandega. Secara keseluruhan keseluruhan kegiatan yang dikembangkan dalam PW IX tahun 2009 itu menitikberatkan pada bidang-bidang pengembangan diri pramuka penegak dan pandega yang terdiri dari bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial sebagai individu dan sebagai anggota masyarakat. Tidak hanya itu, pihak penyelenggara PW IX 2009 pun bakal mengemas kegiatan dalam bentuk ‘Karya dan Bakti’ bernuansa islami, persaudaraan, gotong-royong, kepedulian sosial dan lingkungan sebagai pengaplikasian dari butir kedua Tri Satya yakni ikut serta membangun masyarakat sekaligus pengamalan Tri Darma Perguruan Tinggi berupa Pengabdian kepada masyarakat.

Dalam juklak tersebut, pihak penyelenggara dalam hal ini Racana Sultan Thaha Saifuddin – Sri Soedewi, Gugus Depan Muaro Jambi 663 – 664, menjelaskan akan memberikan porsi yang cukup besar pada kegiatan-kegiatan yang dapat menunjukkan potensi yang dimiliki oleh Provinsi Jambi dan beberapa daerah penyangga, seperti Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Batanghari. Paling tidak ada tujuh kegiatan besar yang akan diikuti oleh peserta PW IX yakni kegiatan umum, kegiatan pengembangan wawasan, kegiatan bakti, kegiatan persaudaraan dan seni budaya, kegiatan khusus, kegiatan wisata dan kegiatan prestasi

Untuk mengikuti kegiatan dua tahunan ini, pihak panitia telah menetapkan biaya untuk peserta sebesar Rp 250.000 per orang. Sementara biaya untuk Pimpinan Kontingen sebesar Rp 600.000 per orang dan untuk Pembina Pendamping dikenakan biaya sebesar Rp 450.000 per orang. Disebutkan pula bahwa batas pengiriman formulir kesediaan ikut serta paling lambat hingga tanggal 30 April 2009 mendatang. Sementara pendaftaran tahap kedua berupa pengiriman data dan pembayaran peserta kontingen paling lambat tanggal 9 Mei 2009.

Tidak ada komentar: