19 Oktober 2008

UPACARA PEMBUKAAN JAMBORE ASEAN 2008

Suasana sebelum Upacara Pembukaan Jambore Asean 2008/ Asean Scout Jamboree 2008.
Kontingen Pengakap Malaysia


Marching Band dari salah Ponpes Jawa Timur
"Semoga jambore ini membawa semangat kita untuk memperbaiki dunia. Wake up everybody. Wake up scouts. Wake up ASEAN," Ujar Ka SBY Presiden RI dengan semangat, yang juga Kamabinas sembari mengutip bait lagu berjudul Wake Up yang dijadikan lagu "soundtrack" Perkemahan Pramuka ASEAN 2008 (19/10/2008). Sebanyak 1500 anggota gerakan kepanduan se Asia Tenggara berkumpul di arena Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Mereka adalah peserta kegiatan ASEAN Scout Jamboree 2008. Perkemahan ini berlangsung mulai hari ini hingga sepekan ke depan. Selain berbagai kegiatan dan kompetisi khas gerakan Pramuka, para peserta akan ikuti pula festival budaya, masakan, olah raga dan kerja bakti bersama warga masyarakat yang turut berpartisipasi. Peresmian pembukaannya dilakukan oleh Ka SBY pada pukul 15.00 WIB tadi. Di dalam sambutannya Ka SBY menyatakan bahwa gerakan kepanduan merupakan investasi terbaik bangsa untuk masa depan masing-masing. Bahkan masa depan ASEAN yang lebih baik juga ada di tangan para anggota gerakan pramuka. Nilai solidaritas, saling hormat menghormati dan semangat kegigihan yang diajarkan, merupakan modal bagi generasi muda menjawab tantangan dunia.



Suasana saat upacara pembukaan Jambore Asean 2008
Saat upacara satu persatu negara kontingen masuk ke tengah lapangan upacara. Lalu semua peserta negara kontingen menari bersama ditengah lapangan upacara. Di hadapan Presiden RI dan hadirin. Kemudian pengucapan Sumpah Pramuka/ Scout promise oleh peserta dari Malaysia(saat pengucapan seluruh peserta mengangkat dua jari telunjuk dan tengah tangan kanan). Seluruh hadirin yang semula duduk, berdiri saat pengucapan Scout Promise di ucapkan.

Penaikan semua bendera kepanduan masing-masing negara peserta Jambore Asean 2008.

Kamabinas RI, Ka SBY didampingi oleh Bunda Ani Yudhoyono. Tampak hadir Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Ka Aburizal Bakrie (Mabinas), Ketua Gerakan Pramuka Kak Prof.Dr. dr. H. Azwar Anas, MPH, ketua Panitia Asean Scout Jamboree, Kak dr. Amoroso Katamsi, Para Pimpinan Kwarnas, Para Andalan Nasional, Pimpinan Kwarda dan Kwarcab peserta dan sejumlah duta besar negara sahabat.
Perkemahan Pramuka ASEAN akan berlangsung 18-26 Oktober 2008 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta. Temanya adalah membangun persaudaraan dan pemahaman budaya. Peserta adalah pramuka putera dan puteri usia sekitar 13-16 tahun. Kontingen dalam negeri (Indonesia) berasal dari 33 provinsi. Sementara kontingen luar negeri berasal dari 9 negara anggota ASEAN, kecuali Myanmar.



Foto suasana setelah upacara pembukaan


Anggota Pramuka SMPN 113 Jakarta, latar panggung kesenian.



Anggota Pramuka SMPN 113 Jakarta foto bareng Pramuka Thailand

Foto bareng Pramuka dari Brunei Darussalam

1 komentar:

Fajar mengatakan...

Salam Pramuka

Salam Kenal dari PIN ADDICT Production

Pusat PIN, ID Card, Stiker dll

Juga menyediakan Produk Nuansa Pramuka

http://pinaddict.wordpress.com/

Salam
http://fadjar29.blogspot.com/